Sejarah Penemuan Trampolin oleh George Nissen

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Sejarah Penemuan Trampolin oleh George Nissen

Kamis, 04 Juli 2019

- Trampolin adalah alat yang terdiri dari sepotong kain yang kencang dan diregangkan di atas bingkai baja dengan menggunakan banyak pegas yang melingkar. Orang memantul pada trampolin untuk tujuan rekreasi dan kompetitif.

 Trampolin adalah alat yang terdiri dari sepotong kain yang kencang dan diregangkan di ata Sejarah Penemuan Trampolin oleh George Nissen
Ada berbagai teori mengenai asal trampolin. Salah satunya adalah bahwa itu adalah permainan yang dimainkan oleh Eskimo dimana, mereka akan melemparkan seseorang dalam udara di kulit walrus kencang. Lain adalah bahwa hal itu berasal dari Inggris sebagai sebuah permainan di mana seseorang akan dilemparkan ke udara pada selimut tegang. Komedian pada abad duapuluh digunakan tempat tidur memantul untuk membuat penonton tertawa mereka. Sejujurnya, Trampolin ditemukan oleh beberapa pesenam yang memulai sebuah perusahaan menjual Trampolin dan menyebut diri mereka trampolin & gelas. Trampolin dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga dengan aksesori yang tepat untuk keselamatan seperti pad trampolin.


Sejarah penemuan

 Trampolin adalah alat yang terdiri dari sepotong kain yang kencang dan diregangkan di ata Sejarah Penemuan Trampolin oleh George Nissen
Trampolin yang kita lihat sekarang ini ternyata ditemukan oleh anak-anak. Adalah George Nissen, Seorang Amerika yang menciptakannya pada tahun 1930 ketika dirinya berusia 16 tahun. Nissen terinspirasi oleh kekagumannya dengan seniman 'trapeze' di sebuah pertunjukkan sirkus.

Trapeze adalah seni pertunjukan di mana orang-orang bergelantungan di tongkat horisontal yang digantungkan di langit-langit. Menurut Nissen, pertunjukan tersebut akan lebih hebat lagi jika para seniman trapeze yang jatuh ke jaring bisa memantul dan melakukan lebih banyak trik atau aksi.

Hal inilah yang kemudian membuat Nissen menciptakan peralatan yang disebut sebagai bouncing rig atau rig memantul yang dibuat dengan kain berbahan kanvas dan diikat ke rangka baja persegi panjang.

Tahun 1934, Nissen bersama dengan larry Griswold, pelatih senam di tempatnya berkuliah, yaitu University of Iowa mengembangkan rig memantul buatan Nissen agar bisa menghasilkan pantulan lebih banyak.

Nissen dan Griswold mulai memproduksi trampolin pada tahun 1942 dan setelah itu trampolin banyak digunakan untuk sirkus dan berbagai pelatihan pilot, navigator, hingga astronaut.


Biografi George Nissen

 Trampolin adalah alat yang terdiri dari sepotong kain yang kencang dan diregangkan di ata Sejarah Penemuan Trampolin oleh George NissenGeorge Peter Nissen (3 Februari 1914 - 7 April 2010) adalah seorang pesenam dan penemu Amerika yang mengembangkan trampolin modern dan menjadikan trampolin olahraga dan rekreasi di seluruh dunia.

Dilahirkan di Blairstown, Iowa, Nissen menjadi pesenam yang giat di sekolah menengah dan memenangkan tiga kejuaraan senam NCAA saat menjadi mahasiswa di Universitas Iowa. Nissen bersekolah di SMA Washington di Cedar Rapids, Iowa.

Pada tahun 1934, Nissen dan pelatihnya, Larry Griswold, membuat prototipe trampolin dari besi siku dengan alas kanvas dan pegas karet. Nissen menggunakannya untuk membantu pelatihannya dan untuk menghibur anak-anak di kemah musim panas.

Setelah ia lulus dalam Studi Bisnis pada tahun 1937, Nissen dan dua temannya berkeliling Amerika Serikat dan Meksiko tampil di pameran dan karnaval. Ketika berada di Meksiko, ia mendengar kata trampolín, batu loncatan dalam bahasa Spanyol, dan memutuskan untuk menggunakannya untuk peralatan yang memantul. Dia membuat beberapa trampolin dan mempromosikan penjualan trampolin dengan mengadakan tur, yang secara bertahap meningkatkan penjualan. Pada tahun 1941, George Nissen dan Griswold mendirikan Griswold-Nissen Trampoline & Tumbling Company di Cedar Rapids, Iowa.


Penggunaan Trampolin Saat Perang dunia II

Selama Perang Dunia II, trampolin digunakan untuk melatih pilot dengan membuat mereka terbiasa mengarahkan diri di udara. Setelah perang, Nissen terus mempromosikan trampolin dan mulai mengadakan tur di Eropa dan kemudian Uni Soviet mempromosikan olahraga " jatuh terguling " dan peralatan trampolinnya. Nissen mendirikan pabrik untuk perusahaannya di Inggris pada tahun 1956 yang dipimpin oleh Ted Blake seorang perintis trampolin Inggris, pertama di Hainault kemudian Romford dan akhirnya Brentwood Essex pada pertengahan 1960-an dan membuat trampolin di sana selama bertahun-tahun. Brentwood masih memiliki komunitas trampolining yang berkembang tetapi tidak lagi menjadi pabrik lokal. Tetapi pada akhir 1970-an pabrikan lain telah mulai membuat peralatan serupa dan akhirnya, meskipun kata trampolin pada awalnya merupakan merek dagang, itu menjadi kata umum untuk peralatan rebound. Perusahaan Nissen berhenti beroperasi pada 1980-an.

Nissen terus memiliki pengaruh pada senam dan trampolining. Pada tahun 1971, bersama Larry Griswold, ia mendirikan United States Tumbling & Trampoline Association (USTA). Dia telah dihormati oleh olahraga trampolining dan senam. USTA memiliki Piala Griswold-Nissen untuk trampolin yang luar biasa. Ada kompetisi trampolin internasional yang diadakan di Swiss yang disebut Piala Nissen. Di Amerika Serikat, Nissen-Emery Award diberikan kepada pesenam senior pria terbaik dalam sistem senam perguruan tinggi. Dia mensponsori 1st. Kejuaraan Trampolin Dunia di Albert Hall, London pada bulan Maret 1964, yang diperingati dengan cap yang menampilkan Judy Wills, yang menjadi juara wanita pertama dan mempertahankan gelar itu sebanyak 7 kali.

Nissen tetap terlibat dalam bisnis pembuatan trampolin untuk membuat trampolin untuk latihan dan untuk bola ruang, permainan yang mirip dengan bola voli, tetapi dimainkan di permukaan trampolin.

Nissen selalu ingin trampolining dimasukkan dalam Olimpiade. Akhirnya Trampolin masuk ke dalam Olimpiade Musim Panas 2000 di Sydney. Pada usia 86 tahun, Nissen menghadiri Olimpiade 2000 ditemani putrinya Dian Nissen. Nissen juga dapat melakukan perjalanan ke Beijing, Cina untuk Olimpiade Musim Panas 2008 bersama Dian dan cucunya. Dia diberi kehormatan untuk menguji trampolin Olimpiade sebelum acara.

George Peter Nissen meninggal di San Diego, California pada 7 April 2010 pada usia 96 karena komplikasi pneumonia. (Berbagai sumber)
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/