Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2 Sarantang Saruntung Tanbu Dapat Bimbingan Bidang (IT) di Kampus BTIKP

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2 Sarantang Saruntung Tanbu Dapat Bimbingan Bidang (IT) di Kampus BTIKP

Rabu, 03 Juli 2019


Sebanyak 74 anggota Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2 Sarantang Saruntung asal Tanah Bumbu, mendapatkan bimbingan teknis bidang informasi teknologi (IT) di Kampus BTIKP, Kayutangi, Banjarmasin. Pembekalan bagi pahlawan pendidikan ini, berlangsung intensif selama 3 hari.


Dalam kegiatan ini peserta dibekali pengetahuan dan pengalaman yang berhubungan dengan penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Peserta dilatih membuat dan menerapkan berbagai media pembelajaran berbasis IT dari para ahli dan pakar di bawah binaan BadanTIK Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel.
Menurut Ketua KKG Sarantang Saruntung, Muhammad Yusuf,  kegiatan merupakan terobosan baru yang dilakukan pihaknya sebagai lembaga kerukunan guru.  Jika biasanya forum KKG hanya melakukan study tour dengan menggelar silaturrahmi dan berbagai pertandingan eksebisi di bidang olahraga, kali ini pihaknya juga melakukan bimbingan teknis yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru.

“Memanfaatkan momen study tour kali ini, kami bukan hanya mengunjungi gugus KKG mitra di Kabupaten Barito Kuala, tapi juga menyempatkan diri untuk meng-up grade pengetahuan kami dengan mengikuti bimbingan teknis IT,” jelasnya.

Melalui mengikuti bimbingan teknis IT, sambung Yusuf, para guru yang berasal dari sedikitnya tujuh sekolah dasar negeri di kabupaten Tanah Bumbu ini, akan menerapkan ilmu yang diperoleh ke sekolah masing-masing. Sehingga ke depan kualitas pemblajaran di kabupatenTanah Bumbu diharapkan akan meningkat. 

Penguasaan IT bagi guru, diakui Yusuf sangat penting untuk meringankan beban dalam melakoni tanggungjawab profesi. Sebab perangkat IT akan membantu guru secara efektif dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan pengevaluasian pembelajaran.

“Sehingga guru tidakdapat dipisahkan dari IT,” pungkasnya.

Sementara Arie Mursandi selaku narasumber dalam kegiatan,  mengapresiasi forum KKG Sarantang Saruntung yang memiliki semangat dan antusiasme tinggi untuk belajar IT.
Menurutnya, sejah ini belum ada KKG yang berinisiatif untuk datang dan mengajukan bimbingan teknis.

“Patut diacungi jempol. Karena mempunyai kesadaran untuk menimba ilmu IT. Positifnya, selain mendapatkan ilmu, peserta juga akan memperoleh sertifikat, sebagai surat keterangan yang dapat digunakan sebagai berkas pengembangan karir guru yang bersangkutan,” ujarnya.

Sedang Kepala ULWK Tanah Bumbu,  Jarkasi, juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan KKG Serantang Seruntung.

Menurutnya, apa yang dilakukan KKG gugus ini patut ditiru dan dijadikan motivasi bagi gugus lain. “Jika semua gugus melakukan hal yang sama, artinya semua guru sekolah dasar akan memiliki bekal pengetahuan IT yang cukup. Hal ini sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan, terutama dalam rangka menyambut era industri 4.0,” katanya.

Sebelumnya, KKG Serantang Seruntung melakukan kunjungan ke KKG Gugus 1 Lentera Bangsa Kec.Barambai, Kab.Barito Kuala. Dalam kunjungan tersebut, dihelat berbagai kegiatan olahraga dan seni untuk meningkatkan rasa persahabatan antar anggota KKG. Romongan diterima langsung Ketua KKG Gugus 1 Lentera, Subekti. (zak/foto: ist)


Sumber http://supiadi74.blogspot.com/