Jelaskan Pengertian Konsep Geografi dan Contohnya

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Jelaskan Pengertian Konsep Geografi dan Contohnya

Selasa, 02 Juli 2019

Haloha sahabat geografi se tanah air Indonesia, gimana nih udah masuk kelas 10 aja nih alias SMA. Nah di SMA tentu kalian akan jumpa dengan geografi ya, baik di IPS maupun peminatan. Salah satu materi awal di kelas 10 adalah konsep geografi.

Apa sih pengertian konsep geografi itu?. Konsep geografi itu gini gan, jadi istilah-istilah yang bermakna geografi. Itu deh intinya, paham kan?. Kalau kamu belajar ekonomi kan akan ketemu istilah kebutuhan, inflasi dll, kalau di matha ada bilangan ganjil, bilangan bulat, pangkat dll. Itulah konsep-konsep gan?.

Nah di geografi juga ada konsep khusus yang khas. Ikatan Geografi Indonesia sudah mensahkan 10 konsep dasar geografi sejak tahun 1988. Mau tahun apa saja 10 konsep geografi dan contohnya?. Cek di bawah. Saya akan bahas padat, singkat dan jelas.

1. Lokasi
Konsep geografi pertama adalah lokasi. Jadi ciri khas pertama geografi adalah tentang lokasi guys. Ada dua lokasi yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut dilihat dari posisi astronomis lintang dan bujur atau alamat POS.

Contoh lokasi absolut yaitu Indonesia ada di 6 LU-11 LS dan 95 BT-141 BT. Atau nih Rumah saya ada di Jl. Mawar No 12 Kelurahan Cimanuk. Jelas ya!. Lokasi kedua adalah lokasi relatif, namanya relatif artinya tergantung lingkungan sekitar. Contoh lokas relatif adalah rumah saya dekat pasar namun jauh ke stasiun. Kan relatif, belum tentu rumah kamu posisinya sama kaya rumah saya kan?. Jelas ya!.

2. Jarak
Jarak adalah panjang lintasan antara dua lokasi atau lebih. Jarak dibagi dua yaitu jarak absolut dan relatif. Jarak absolut diukur lewat satuan panjang. Contoh konsep jarak relatif adalah saya pergi ke sekolah menempuh jarak 3 km. Sementara itu jarak relatif diukur dengan satuan waktu. Contoh jarak relatif adalah saya mudik menggunakan kereta dari Tasik ke Cirebon menempuh jarak 5 jam perjalanan.

Haloha sahabat geografi se tanah air Indonesia Jelaskan Pengertian Konsep Geografi dan Contohnya
Jalan raya dalam konsep interaksi mempercepat mobilitas wilayah
3. Keterjangkauan
Konsep keterjangkauan adalah muda tidaknya suatu lokasi dapat diakses. Keterjangkauan dipengaruhi oleh lokasi, jarak dan kondisi fisik wilayah tersebut. Contoh konsep keterjangkauan yaitu pengiriman bantuan logistik ke wilayah terdampak gempa Palu sangat sulit karena terputusnya jembatan dan rusaknya jalan.

4. Morfologi
Konsep morfologi adalah bentuk fisik permukaan bumi yang dipengaruhi oleh pengaruh gaya endogen dan eksogen. Contoh konsep morfologi adalah wilayah Bandung berlokasi di dataran tinggi.

5. Pola
Konsep pola adalah susunan abstrak suatu fenomena di permukaan bumi. Contoh konsep pola adalah pola pemukiman di daerah dataran rendah cenderung mengelompok. Contoh lainnya adalah pola awan di langit Jakarta siang hari ini menyerupai gerombolan domba. Contoh lainnya adalah pola tanam pertanian di desa Cangkul adalah padi-cabe-padi dalam setahun.

6. Aglomerasi
Konsep aglomerasi adalah adanya pemusatan kegiatan terutama kegiatan ekonomi. Contoh konsep aglomerasi adalah kawasan industri berat banyak didirikan di wilayah Cikarang dan Karawang.

7. Nilai Guna
Konsep nilai guna berkaitan dengan fungsi dan manfaat sebuah lokasi. Contoh konsep nilai guna adalah Pegunungan Sewu memiliki fungsi sebagai geopark dan sarana penelitian geologi sejarah. Contoh lainnya adalah TN Ujung Kulon berfungsi untuk melindungi badak Jawa yang hampir punah.

8. Interaksi
Konsep interaksi geografi adalah adanya timbal balik antara dua wilayah atau lebih. Ini disebabkan masing-masing wilayah saling membutuhkan. Contoh konsep interaksi adalah Indonesia mengekspor batubara ke Jepang sementara Jepang mengekspor otomotif ke Indonesia.

9. Perbedaan Wilayah
Konsep perbedaan wilayah adalah terkait perbandingan antara dua wilayah atau lebih di permukaan bumi, atau ciri khas region. Contoh konsep perbedaan wilayah adalah Jogja terkenal sebagai kota pelajar sementara Cirebon terkenal sebagai kota udang.

10. Keterkaitan ruang/asosiasi
Konsep keterkaitan ruang adalah adanya hubungan logis antar elemen pembentuk ruang suatu wilayah. Contoh konsep asosiasi adalah peduduk Dieng mayoritas adalah petani sayuran, karena Dieng daerahnya dataran tinggi.
Sumber https://geograph88.blogspot.com/