3 CARA BLOKIR VIDEO & CHANNEL YOUTUBE YANG TAK PANTAS DILIHAT OLEH ANAK

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

3 CARA BLOKIR VIDEO & CHANNEL YOUTUBE YANG TAK PANTAS DILIHAT OLEH ANAK

Rabu, 03 Juli 2019

Youtube adalah platform berbagi video yang sangat populer saat ini, hampir semua video bisa ditemukan & ditonton di Youtube mulai dari musik, video tutorial, beberapa jenis film, vlog dan lain sebagainya. Youtube tidak hanya populer untuk kalangan pengguna internet dewasa saja, namun banyak anak anak yang bisa dengan mudah menonton video video di Youtube, apalagi jika orang tua membebaskan dan memberikan gadget ke anak.

Dari jutaan bahkan mungkin milyaran video yang ada di Youtube tentunya ada video video tertentu yang tidak baik ditonton oleh anak anak misalnya dari video video yang menjurus pada hal hal yang tidak baik, kata kata kasar atau perilaku perilaku "youtuber" yang kurang wajar. Hal ini tentunya bisa berdampak pada perilaku anak apabila yang ditonton bukanlah tontonan yang cocok dengan usianya. Nah, pada artikel ini blog IndoINT.com akan memberikan tips bagaimana cara memblokir channel / video youtube dan membatasi tontonan youtube yang kurang ramah terhadap anak anak.

3 CARA MEMBLOKIR VIDEO & CHANNEL YOUTUBE


1. MENGGUNAKAN FITUR BLOCK USER / BLOKIR PENGGUNA

Cara pertama adalah dengan memblokir langsung channel yang ingin diblokir, untuk melakukan ini, buka Youtube dari Browser PC (Mozilla, Chrome, Operda, dll), kemudian cari Channel yang ingin diblokir lalu klik Channelnya. Selanjutnya pilih pada halaman Tentang (About), klik ikon Bendera lalu klik Blokir pengguna. Kita bisa memblokir channel satu persatu dengan cara ini. Sayangnya fitur blokir pengguna ini tidak tersedia di situs versi seluler atau aplikasi Youtube.

2. MENGAKTIFKAN RESTRICTED MODE / MODE TERBATAS


Restricted Mode pada Youtube atau Mode terbatas merupakan sebuah filter yang bisa menyaring berbagai konten yang dianggap dewasa dan SARA sehingga video video yang ditampilkan di Youtube akan lebih aman. Selain itu Channel Channel atau Video youtube yang bermuatan tidak sopan akan tersembunyi sehingga fitur ini sangat membantu. Restricted Mode / Mode terbatas bisa diaktifkan melalui Aplikasi Youtube (Android & iPhone) atau langsung melalui situs Youtube. Cara mengaktifkannya di Aplikasi Youtube adalah dengan menuju Setelan > Umum > Mode Terbatas > On.

3. MEMAKAI YOUTUBE KIDS UNTUK ANAK ANAK


Yang terakhir kita bisa menggunakan aplikasi Youtube Kids. Aplikasi ini merupakan bagian dari Aplikasi Youtube namun hanya berfokus pada konten video khusus anak anak seperti animasi kartun, atau film animasi yang cocok untuk anak anak. Aplikasi Youtube Kids bisa diunduh di perangkat Android & iPhone.

Itulah 3 cara memblokir video Youtube dengan mudah bagi orang tua yang tidak ingin anaknya menonton video Youtube yang kurang mendidik. Sebagai orang tua kita tentunya harus memilih tontonan yang bisa membuat anak terhibur tanpa terkena pengaruh negatif dari apa yang ditontonnya.
Sumber http://www.berbagiinfo4u.com/