Minggu, 10 Mei 2015

Cara merawat batu akik yang retak

Cara merawat jenis batu akik yang retak sangat mudah dan sederhana. Retak yang terlihat pada batu akik biasanya disebabkan oleh perajin yang tidak berhati-hati, saat memoles batu akik tersebut. Faktor lain juga bisa mengakibatkan retakan pada batu akik, seperti paparan suhu yang terlalu panas, terkena cairan kimia, terbentur benda keras dan sebagainya.
Kalau retakan belum begitu dalam, sebenarnya masih bisa ditangani dengan cara perendaman di dalam minyak tertentu. Kalau retakan masih relatif kecil, maka masih dapat diperbaiki. Tapi kalau retakan terlalu besar dan juga banyak jumlahnya, pada umumnya retakan tersebut sangat sulit dihilangkan. Dikarenakan retakan sudah terjadi secara menyeluruh dan masuk hingga ke dalam inti batu tersebut. Bagaimana cara memperbaiki batu akik yang telah retak?
Perendaman dengan minyak makan
Minyak makan bisa digunakan dalam memperbaiki retakan pada batu akik. Karena minyak ini bisa meresap ke dalam batu, sehingga seakan-akan membentuk batu dan menyamarkan retakan batu akik. Waktu perendaman yang dibutuhkan dalam teknik perawatan ini adalah sekitar lima jam.
Perendaman dengan minyak telon atau baby oil
Kandungan di dalam minyak telon atau baby oil dipercaya bisa menunjang perawatan pada batu akik yang retak. Bahkan efeknya lebih bagus daripada minyak makan. Waktu yang dibutuhkan untuk merendam batu akik di dalam cairan baby oil adalah selama semalaman. Kalau memang setelah proses itu masih kurang terlihat memuaskan, bisa mengulangi prosesnya beberapa kali. Memang tidak semua batu akik bisa terbantu dari keretakannya.

Cara merawat batu akik yang retak

Cara merawat batu akik yang retak

Cara merawat batu akik yang retak
Share:

0 komentar:

Posting Komentar